skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
8 Gejala Demam Berdarah Pada Anak

8 Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Siapa yang tidak mengenal penyakit demam berdarah? Ya, bisa dibilang hampir semua orang pasti mengetahui mengenai penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Musim penghujan sendiri biasanya pasti diidentikkan dengan wabah DBD ini.

Memang bisa dibilang penyakit ini sudah menjadi momok yang banyak ditakuti oleh masyarakat pada saat musim hujan tiba. Hal ini dikarenakan penyakit ini banyak sekali menyerang manusia khususnya pada anak-anak.

Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan juga bahwa gejala demam berdarah ini bisa dengan mudah ditemukan pada orang dewasa. Bisa dibilang penyakit ini bukan penyakit yang bisa dianggap sepele.

Karena memang setiap tahunnya saja bisa terjadi lebih dari seratus juta kasus penyakit demam berdarah ini di seluruh dunia. Pengetahuan mengenai gejala penyakit demam berdarah sendiri sangat minim sekali pada masyarakat. Maka dari itu kita perlu pengetahuan untuk mengetahui gejala yang ditimbulkan.

Mari kita simak gejala penyakit demam berdarah pada anak berikut ini:

1. Demam

Salah satu yang paling umum dialami adalah terserang demam. Meskipun demikian tidak semua demam dapat disimpulkan mengalami demam berdarah. Beberapa penyakit seperti tifus, influenza, malaria dan campak juga memiliki gejala awal yang sama yaitu demam. Demam pada anak yang menderita demam berdarah umumnya ditandai dengan suhu badan yang tinggi terus menerus selama tiga hari, sehingga pemeriksaan dokter dapat membantu dalam menentukan penyebab terjadinya demam.

2. Syok

Gejala yang paling akhir timbul adalah gejala syok pada anak. Apabila terlambat mendapatkan pengobatan akan berakibat fatal bahkan hingga kematian. Gejala yang umum ditandai dengan jari tangan dan kaki yang dingin, lemas dan warna kuku yang berubah menjadi biru.

Baca Juga Artikel Lainya Di Autoimuncare.com

3. Mual dan sakit perut

Anak anda mengalami demam selama tiga hari bahkan tidak membaik dan disertai dengan mual, muntah dan juga sakit perut. Beberapa anak kehilangan nafsu makan, waspadai gejala demam dengue.

4. Pendarahan

Anak mengalami pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, atau berupa bintik-bintik merah di badan. Beberapa kondisi anak bahkan mengalami muntah dan buang air besar berdarah. Kondisi pendarahan yang dialami oleh anak yaitu ketika trombosit sudah cukup rendah.

5. Sakit kepala dan lesu

Anak yang demam seringkali mengeluhkan sakit kepala dan lesu sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan test darah dapat diketahui penyebab anak sakit.

6. Nyeri Pada Bagian Tubuh Tertentu

Selain demam tinggi, anak-anak yang menderita demam berdarah menunjukkan gejala nyeri pada bagian tertentu tubuhnya. Misalnya saja nyeri pada persendiannya, nyeri pada tulang-tulangnya, nyeri di bagian belakang matanya dan lain sebagainya.

7. Ruam Merah

Perhatikan kulit anak-anak yang menderita demam berdarah akan menunjukkan gejala berupa ruam merah. Pada awalnya ruam tersebut hanya berupa bintik-bintik merah kecil saja. Namun semakin lama bintik-bintik merah tersebut semakin banyak dan membentuk ruam merah pada permukaan kulit di sebagian besar tubuhnya.

8. Diare

Diare dapat menjadi salah satu gejala akibat infeksi virus dengue, meskipun jarang ditemukan pasien demam berdarah yang mnegalami gejala ini. Berdasarkan penelitian, hanya 6 % dari pasien demam berdarah mengalami diare. Infeksi virus dengue dapat menyebabkan masalah pada pencernaan dan penyerapan air pada usus besar sehingga penderita demam berdarah mengalami diare.