skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Demam Berdarah Yang Harus Diketahui

Gejala Demam Berdarah Yang Harus Diketahui

Gejala Demam Berdarah Yang Harus Diketahui – Demam Berdarah Dengue atau disingkat DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopictus berkelamin betina. Nyamuk berkaki belang-belang putih ini menggigit manusia di siang hari.

Virus dengue terdiri dari empat jenis (strain), yakni dengue tipe 1, 2, 3 dan 4. Namun tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3. Virus dengue menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan perdarahan, dapat menimbulkan kematian.

Biasanya, penyakit demam berdarah mewabah ketika pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

Gejala penyakit DBD sampai sekarang memang tidak terduga. Namun secara umum, penyakit ini memiliki ciri seperti panas tinggi, pusing, bahkan muntah darah. Namun sayangnya, gejala yang sama sering ditemukan pada penyakit lain. Akibatnya, sampai sekarang sering terjadi salah diagnosis. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada dan mengenali gejalanya.

Gelaja Demam Berdarah Yang Harus Diketahui

  1. Sakit kepala

Karena demam yang tinggi tadi membuat penderita merasakan sakit kepala yang hebat. Hal ini yang menyebabkan penderita merasa pening, lemas, dan hanya ingin tidur.

  1. Demam tinggi

Alasan mengapa penyakit yang di bawa oleh nyamuk ini di namakan dengan demam berdarah, karena penderitanya akan mengalami demam yang tinggi. Suhu badan penderitanya mencapai 39-40 derajat celcius. Padahal orang normal hanya memiliki suhu tubuh 36-37 derajat celcius.

Baca Juga Artikel Lainya Di Autoimuncare.com

  1. Demam tanpa batuk

Hal ini tergantung pada kekebalan tubuh masing-masing orang. Jika seseorang memiliki kondisi yang baik, sistem imun juga baik, maka hanya akan mengalami demam saja. Namun beberapa orang yang terserang virus ini, sudah mengalami penurunan kondisi tubuhnya. Maka demamnya juga di sertai batuk.

  1. Nyeri pada bagian persendian

Selain itu, penderita juga mengalami nyeri pada bagian persendian. Mereka akan terlihat lelah, padahal tidak melakukan aktivitas apapun. Virus ini memang memberikan efek yang menyebabkan penderita merasa lelah tanpa melakukan kegiatan apapun.

  1. Badan terasa gatal

Efek dari di gigit nyamuk pasti terasa gatal. Maka setelah penderita terinfeksi nyamuk demam berdarah, akan terasa gatal di tangan atau kakinya.

  1. Sakit perut

Penderita selain mengalami demam juga akan merasakan sakit perut. Baik hanya sebatas mual saja. Namun ada juga yang sampai mengalami muntah.

  1. Muncul bintik merah

Meskipun sebenarnya tidak semua penderita demam berdarah mengalami gejala ini. Tapi kebanyakan kasus menyebutkan bahwa penderita demam berdarah memiliki bintik merah pada permukaan kulit tangan dan kakinya. Biasanya bintik ini gatal, dan susah hilang.

Jika Anda mengalami gejala seperti flu diatas (misalnya sakit kepala dan demam tinggi) selama lebih dari satu minggu, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Terlebih lagi jika gejala tersebut dirasakan setelah berkunjung ke daerah yang sedang dilanda wabah demam dengue.

Para dokter yang sudah terbiasa menangani demam dengue biasanya dapat langsung mengenali penyakit ini hanya dari gejala-gejala yang Anda rasakan.

Apabila dokter yang memeriksa Anda belum yakin bahwa Anda terkena demam dengue, maka pemeriksaan darah dapat dilakukan untuk melihat keberadaan virus di dalam aliran darah. Selain untuk memperkuat diagnosis, pemeriksaan darah juga bisa dilakukan untuk mengetahui dampak infeksi terhadap darah.

Hingga saat ini belum ada vaksin yang bisa mencegah demam dengue, meskipun begitu pengobatan penyakit ini tergolong sederhana dan tidak memerlukan sebuah obat khusus. Demam dengue bisa ditangani dengan meminum banyak cairan, beristirahat, serta mengonsumsi parasetamol dan acetaminophen.

Jika langkah pengobatan ini diterapkan, biasanya gejala demam dengue akan mulai menunjukkan tanda-tanda pulih dalam waktu 2-5 hari. Tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri jenis ibuprofen, aspirin, dan naproxen sodium jika Anda menderita demam dengue karena dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko terjadinya pendarahan internal.